Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah dalam Ruang Lingkup Pendidikan di SMP Swasta Imanuel Telukdalam
Abstract
Kepemimpinan dalam ruang konteks pendidikan terus mengalami pergeseran dalam era Revolusi Industri 4.0. Sebagai pengambil kebijakan, Kepala Sekolah sebagai pemimpin perlu dapat membaca perkembangan zaman, salah satunya dengan melakukan pendekatan kepemimpinan digital. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian analisis literatur. Data didapatkan dari beberapa sumber buku, artikel sesuai dengan fokus yang diteliti. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan reduksi data, visualisasi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa kepemimpinan digital dalam ruang lingkup pendidikan merupakan kombinasi dan kolaborasi antara pemimpin, teknologi, dan sumber daya. Kepemimpinan digital Kepala Sekolah menjadi kunci penting menghadapi era disrupsi teknologi saat ini. Kepemimpinan digital dapat terwujud apabila Kepala Sekolah terus berupaya dan memberikan kesempatan kepada seluruh warga sekolah untuk bersentuhan langsung dengan teknologi digital yaitu 4C berpikir Kritis, Kreatif, Komunikasi, Kolaborasi juga menjadi salah satu kunci yang perlu diterapkan dalam kepemimpinan digital di lingkungan pendidikan. Strategi kepemimpinan digital dapat dilakukan melalui kepemimpinan yang transparan di seluruh aspek sekolah, termasuk keterbukaan dana penganggaran, pengadaan infrastruktur, serta kritik dan saran dari berbagai pihak.


.jpg)

